Hello, Kicau Mania!

Cara Mengobati Lovebird Nyilet yang Ampuh !!

cara mengobati lovebird nyilet

Burung Loverbird termasuk salah satu jenis burung dari ras berperuh bengkok yang mempunyai banyak penggemar di indonesia. Selain suara Ngekeknya, jenis burung tersebut juga sangat populer lantaran banyaknya ajang perlombaan yang diadakan untuk burung jenis ini . Lovebird sendiri mempunyai banyak warna yang membedakanya mulai dari kuning, hijau, abu-abu, putih dan masih banyak lagi. Walaupun perawatan burung lovebird ini dapat dibilang cukup mudah namun terkadang ada juga kendala dalam memelihara burung yang satu ini salah satunya adalah terkena serangan penyakit. Umumnya penyakit yang menyerang jenis Lovebird sendri ialah Prominent Keel atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit Nyilet / Lovebird kurus. Penyakit nyilet ini cukup berbahaya bagi burung lovebird  karena dapat menyebabkan kematian jika tidak  segera ditangani dengan serius. Namun kalian tidak perlu khawatir karena pada artikel ini saya akan membahas tentang cara mengatasi lovebird nyilet yang dapat kalian gunakan sebagai panduan dalam mengatasi penyakit nyilet pada lovebird kalian. 

Ciri-Ciri Lovebird Nyilet dan Cara Mengatasinya

Penyakit nyilet pada burung Lovebird bisa dibilang suatu kondisi dimana burung sedang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Gejalanya mungkin tidak berbeda dengan jenis burung lain pada umumnya dimana kebanyakan gejala yang timbul dari penyakit tersebut ialah badannya terlihat sangat kurus, saking kurusnya tulang-tulangnya hanya dibungkus kulit saja, hampir tidak ada daging sama sekali. Selain itu, gejala atau penyakit tersebut juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tulang dadanya. Tulang dadanya akan terlihat seperti menonjol kedepan (membusung). Alasan Prominent Keel bisa membuat tulang dada Loverbird bisa menonjol sendiri, karena penyakit tersebut membuat massa ototnya menghilang (atrophying). Tentu hal ini bisa membuat burung kehilangan stamina dan nafsu makan. Dan sudah tentu keadaan ini sangat tidak nyaman bagi si burung. Jika bobot badan Loverbird turun 10 – 20% secara drastis terus menerus, maka burung sudah bisa dibilang sudah terkena penyakit Nyilet. Ada banyak persepsi tentang penyebab penyakit nyilet pada lovebird ini. Meskipun cukup banyak yang beranggapan penyakit nyilet ini disebabkan lantaran kekurangan gizi, namun sebenarnya masih banyak faktor lain yang menyebabkannya. Jika tidak segera ditangani, lambat laun burung akan kurus dan bahkan bisa mati.

Penyebab Penyakit Nyilet Pada Lovebird 

lovebird nyilet


Masalah Pakan Pada Lovebird

Penyebab lovebird kurus/ Nyilet yang pertama ialah masalah pakan. Untuk masalah pakan perlu diperhatikan, baik untuk masalah gizi maupun porsi. Sebisa mungkin berikan pakan berkualitas yang mengandung nutrisi dan vitamin yang cukup untuk menunjang metabolisme Loverbird. Berdasarkan pengalaman beberapa penghobi lain, pakan lovebird yang sering diberikan sebagai penunjang gizi lovebird adalah seperti jagung manis, kangkung dan lain-lain ,namun dalam pemberian pakan tersebut haruslah sesuai takaran serta tidak berlebihan agar birahi burung lovebird tetap terjaga

Penyakit Gondok Pada Lovebird

Penyebab yang kedua biasanya berawal dari penyakit gondok burung. Tentunya gondok sendiri disebabkan oleh kekurangan mineral yodium. Alhasil, kelenjar tiroid pada burung jadi terganggu sehingga bisa terjadi pembengkakan. Gejala awal ditimbulkan mungkin awalnya tidak terlalu kelihatan, namun lama-lama akan semakin membesar. Benjolan tersebut umumnya bewarna cokelat dan kekuningan. Tidak hanya itu, pembengkakan kelenjar tiroid sebenarnya juga sangat mempengaruhi kondisi bagain tubuh yang lain seperti kekebalan tubuh menurun, metabolisme menurun, kelainan bulu dan sebagainya. Oleh sebab itu, sebuah garam bata notabenya juga sangat dianjurkan diberikan untuk meminimalisir penyakit gondok pada Lovebird. 

Lovebird Keracunan Logam Berat

Adapun masalah keracunan logam berat. Sebenarnya racun logam berat sendiri terdapat dalam berbagai macam jenis, namun keracunan yang umumnya menyerang burung ialah keracuanan seng, timah dan tembaga. Oleh sebab itu, bagi setiap pemilik sebisa mungkin menggunakan kandang atau sangkar yang berkualitas. Terlebih lagi untuk Lovebird, karena umumnya sangkar untuk burung Loverbird sendiri dibuat menggunakan logam berat sehingga menyebabkan lovebird sendir rawan keracunan logam berat
 

Lovebird Terserang Parasit Seperti Cacingan atau Kutuan

Masalah yang cukup  sering terjadi pada burung lovebird yang dapat menyebabkan burung lovebird menjadi nyilet adalah parasit. Parasit pada burung lovebird umumya adalah kutu atau cacingan. Kedua parasit tersebut dapat menyebabkan lovebird kekurangan nutrisi maupun gizi sehingga burung lovebird akan menjadi nyilet.

Cara Mengobati Lovebird Nyilet 


Bersihkan kandang, cuci cepuk pakan maupun minum setiap hari dari kotoran .

Kebersihan kandang merupakan hal yang sangat wajib dalam pemeliharaan burung kicauan disamping untuk menghindarkan burung lovebird dari berbagai parasit , pembersihan kandang secara teratur dapat membuat burung menjadi lebih sehat serta lebih aktif berkicau.

Berikan kombinasi pakan yang baik bagi burung lovebird

Untuk pemberian pakan seperti biji-bijian, berikan yang berkualitas yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Namun begitu, pakan berkualitas bukan berarti mahal namun pakan yang memenuhi standar gizi burung. Untuk pemberian pakan kalian dapat tetap memberikan milet putih untuk pakan harian ditambah dengan ekstra  fooding seperti jagung, kangkung dll setiap 2-3 hari sekali. Ekstra Fooding dapat membantu  pemenuhan gizi lovebird untuk memulihkan tubuh mereka. Selain itu kalian juga dapat memberikan multivitamin yang sering dijual dipasaran sebagai pendongkrak nafsu makan lovebird kalian maupun memperbaiki gizi lovebird kalian.

Berikan Mineral Tambahan Pada Burung Lovebird

Mineral  sangat dibutuhkan bagi  burung pemakan biji-bijian karena mineral ini akan membantu proses pencernaan pada burung pemakan biji-bijian tak terkecuali pada burung lovebird. Burung lovebird biasanya mendapatkan mineral melalui tanah dengan cara memakannya tak hayal kalian sering melihat burung lovebird kalian memakan tanah kan , tenang hal tersebut merupakan hal yang wajar. Untuk membantu agar kebutuhan mineral lovebird nyilet terpenuhi kalian dapat memerikan burung lovebird klian asinan seperti tempurung sotong maupun garam.

Obati Lovebird Jika Terserang Parasit 

Untuk mengobati lovebird yang terserang parasit seperti cacingan kalin dapat menggunakan obat burung cacing yang banyak dijual dipasaran , selain itu kalian juga dapat menggunakan obat manusia yaitu Combantrine  yang banyak dijual di Apotek. Combantrine ini saya rasa cukup efektif untuk mengobati cacingan pada lovebird . Untuk mengobati cacingan pada lovebird yang nyilet dapat kalian lakukan dengan cara menjemurnya dibawah terik matahari selama 10-30 menit dengan mengambil terlebih dahulu pakanya pada pagi hari. Setelah itu berikan obat cacing ke burung lovebird dengan cara nmenggerusnya dengan air terlebih dahulu agar mudah dikonsumsi oleh burung lovebird. setelah itu jemur kembali burung lovebird selama 10 menitan dan lihat kotoranya . Biasanya cacing akan ikut keluar bersamaan dengan kotoran lovebird. 

Untuk mengobati kutuan pada lovebird kalian dapat memandikan lovebird dengan sampo anti kutu yang banyak dijual dipasaran secara berkala. Selain itu intensitas penjemuran usahakan 10-15 menit setiap harinya dibawah sinar  matahari terik langsung setelah itu baru  mandikan burung lovebird dengan sampo dengan tujuan supaya kutu-kutu yang menempel dikulit lovebird keluar terlebih dahulu karena kepanasan.


Sekian artikel saya pada blog saya duniangocehmania.blogspot.com kali ini jangan lupa baca artikel sayayang lain tentang Cara Mengatasi Lovebird Paud Kepo Saat di Gantangkan

Pencarian terkait :
  • cara mengatasi lovebird nyilet
  • cara mengobati lovebird nyilet
  • mengatasi lovebird nyilet
  • mengatasi lb nyilet
  • mengobati lb nyilet
  • perawatan lovebird nyilet
  • mengatasi labet nyilet

0 Response to "Cara Mengobati Lovebird Nyilet yang Ampuh !!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel