Hello, Kicau Mania!

Murai Palangka di Sertai Ciri-cirinya, Jangan tertipu!!


Murai palangka atau yang sering disebut dengan murai borneo merupakan salah satu jenis burung murai yang berasal dari daratan kalimantan atau yang sering disebut tanah borneo. Burung murai jenis ini sering dipandang sebelah mata oleh para penggemar burung dikarenakan oleh gaya berkicaunya yang menggembung seperti bola Sehingga dipasaran sendiri harga murai jenis ini cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan burung murai lain seperti murai sumatra dan murai medan. Hal tersebutlah yang terkadang sering dimanfaatkan oleh para pedagang nakal untuk memperoleh keuntungan berlipat dengan menipu para pembelinya dengan mengakusissikan burung murai yang berasal dari kalimantan dan menyebutnya berasal dari sumatra. Kebanyakan orang yang sudah lama memelihara murai pun sudah paham tentang hal tersebut. Namun, bagi kalian yang baru dalam memelihara burung murai tentunya akan kesulitan untuk membedakanya. Maka pada artikel ini kita akan membahas hal tersebut sebagai tambahan wawasan kalian.

Ciri-ciri Murai Palangka

Secara sekilas ciri-ciri murai jenis ini sekilas memang agak mirip dengan ciri-ciri murai batu sumatra , namun jika kita lebih jeli lagi kita dapat melihat beberapa perbedaan yang sangat mencolok seperti berikut ini :
  • Memiliki postur tubuh yang cenderung sedang dengan bentuk badan yang relatif panjang namun ketika kita sandingkan dengan murai sumatra asli akan terlihat jika postur tubuh murai jenis ini terlihat lebih agak besar sedikit.
  • Pasti banyak dari kalian yang bertanya murai palangkaraya gembung atau tidak ? . Saya pun akan menjawab iya namun murai jenis ini tidak semencolok dengan murai borneo lainya. Biasanya murai jenis ini akan terlihat menggembung ketika di trek atau diadu akan terlihat sangat jelas gembungnya.
  • Memiliki panjang ekor antara 15-18 cm . Memang murai jenis ini memiliki panjang ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan murai borneo lainnya sehingga kadang dimanfaatkan oleh pedagang nakal untuk mengelabuhi para pembelinya dengan menyebutnya murai lampung.
  • Warna bulu bagian dada cenderung coklat dan coklat tua.
  • Warna kakinya cenderung coklat kehitaman atau coklat kemerahan, namun kadang juga ada yang tampak coklat kekuningan.
Dari semua ciri-ciri diatas hal yang paling mencolok untuk mengetahui apakah murai tersebut murai palangka atau buka adalah dengan melihat gaya tarungnya .Seperti dengan murai jenis lain yang berasal dari kalimantan , murai jenis ini cenderung mempunyai gaya yang mengembangkan bulu bagian perutnya. Jika ada pedangang yang menyebut murai lampung ada juga yang semi gembung jangan mudah percaya karena kemungkinannya ada 2 yaitu murai tersebut adalah murai jenis palangkaraya yang di akusisikan sebagai murai lampung atau dapat juga murai tersebut sudah tidak murni jenis murai lampung karena sudah disilangkan dengan murai lain yang berasal dari kalimantan. Sekian artikel saya kali ini jangan lupa baca artikel saya yang lain tentang Cara Mengobati Anis Merah Macet

0 Response to "Murai Palangka di Sertai Ciri-cirinya, Jangan tertipu!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel