Hello, Kicau Mania!

Cara Penanganan Burung Kacer Nyilet


Cara Penanganan Burung Kacer Nyilet
Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang penanganan burung kacer nyilet. Burung kacer , burung yang dapat ditemui di daerah hutan hujan tropis ini memiliki wilayah penyebaran yang cukup luas bahkan mencakup sebagian besar wilayah di asia tenggara. Burung kacer biasa menyukai daerah yang lembab seperti di daerah pegunungan maupun daerah di pinggir sungai. Burung kacer sendiri sering dipelihara masyarakat indonesia dikarenakan burung kacer sendiri memiliki suara yang keras dan merdu. Namun dibalik keistimewaan tersebut ternyata memelihara burung kacer cukup susah-susah gampang . Dikarenakan burung kacer sendiri yang memiliki habitat didaerah yang lembab maka kita harus rajin untuk memandikan burung kacer peliharaan kita agar selalu sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit. 

Ngomong-ngomong soal penyakit sendiri , penyakit yang sering dikeluhkan oleh para kacermania sendiri adalah penyakit nyilet pada burung kacer. Biasanya penyakit ini ditandai dengan burung lesu , nafsu makan menurun , burung tidak memiliki gairah untuk berkicau serta burung menjadi kurang aktif bergerak, Namun tanda yang paling mencolok sendiri adalah ketika kita memegang bagian bawah burung kacer kita, maka akan didapati bahwa badan kacer kurus sampai tulangnya sangat terasa tajam makanya orang-orang sering menyebutnya nyilet.

Apa Sih Penyebab Burung Kacer Nyilet ?

Cara Penanganan Burung Kacer Nyilet
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan burung kacer nyilet . Namun diantara hal-hal tersebut terdapat beberapa faktor yang menyebabkan burung kacer nyilet dan paling umum dialami oleh para kacermania diantaranya sebai berikut ini :

Burung kacer kurang gizi

Faktor pertama yang sering terjadi adalah burung kacer kurang gizi biasanya disebabkan karena makanan burung kacer yang kita berikan kurang memenuhi kebutuhan gizi dari burung kacer peliharaan kita. Burung kacer sendiri butuh asupan protein yang cukup banyak maka sering kali kita berikan ekstrafooding tambahan seperti jangkrik ,ulat dll untuk membantu tercukupinya kebutuhan gizi dari burung kacer itu sendiri. Untuk mengatasi burung kacer yang kurang gizi ini kita dapat memberikan tambahan asupan ektra fooding serta memberikan tambahan vitamin kacer nyilet. 

Burung kacer cacingan

Hal kedua yang dapat menyebabkan burung kacer nyilet adalah burung kacer yang terjangkiti parasit seperti cacing. Biasanya burung kacer yang terjangkiti cacing ini nafsu makanya akan tetap bahkan malah cenderung banyak. Maka untuk melihat burung kacer peliharaan kita telah terjangkiti cacingan atau tidak maka kita dapat mengamati aktifitas burung kacer kita serta melihat kotoran dari burung kacer peliharaan kita. Biasanya burung kacer yang terjangkit cacing akan terlihat lesu dan kurang bergairah dan terkadang justru terlihat burung kacer peliharaan kita yang selalu tidur pada siang hari. Namun tidak usah kuatir anda dapat mengobati penyakit cacingan pada kacer ini dengan memberikan obat cacing kepada burung kacer peliharaan kalian. Obat cacing yang sering digunakan oleh kacermania adalah obat cacing combantrin tablet yang kemudian dihaluskan dan dicampur kedalam minuman burung kacer. Walaupun combantrin adalah obat untuk manusia namun admin sendiri pernah menggunakanya untuk mengobati burung peliharaan admin dan ternyata cukup manjur.

Burung Kacer Mengalami Kutuan

Ini hal yang sangat lazim terjadi di burung dengan habitat daerah yang lembab dikarenakan burung sejenis kacer dll tersebut kurang kuat jika mendapatkan terlalu banyak cahaya matahari secara langsung, maka ketika kita jarang memandikan burung kacer peliharaan kita , burung kacer pun akan rentan terkena kutuan. Untuk penyakit kutuan sendiri pada burung kacer ini sering ditandai dengan warna dari bulu pada burung kacer yang cenderung kusam, burung kurang memiliki gairah untuk berkicau dan cenderung terlihat suka tidur di siang hari selain itu untuk melihat burung kacer kalian terkena kutuan atau tidak dapat kalian lakukan dengan mencoba menjemur burung kacer peliharaan kalian beberapa saat pada saat cuaca terik kemudian amati bulu burung kacer peliharaan kalian , biasanya di bulu burung kacer yang terkena kutuan akan terlihat kutu kecil-kecil yang keluar dari balik bulu burung kacer karena merasa kepanasan. Untuk mengatasi burung kacer yang terkena kutu dapat kita lakukan dengan memandikanya menggunakan shampo kusus burung dan memberikanya anti kutu yang dapat kalian beli di toko burung sekitar anda. selain itu kalian juga dapat menggunakan air rebusan sirih untuk memandikan burung kacer kalian.

Perawatan Kacer Nyilet

Untuk melakukan perawatan kepada burung kacer yang mengalami nyilet termasuk gampang-gampang susah karena dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan. Berikut adalah cara perawatan burung kacer nyilet yang dapat kalian coba pada burung kacer kalian : 

Memberikan ekstra fooding yang cukup 

Pemberian ekstra fooding ini dapat membantu mencukupi gizi burung kacer kalian sehingga nantinya burung kacer dapat gemuk kembali. Ekstra fooding yang dapat kalian berikan ke burung kacer kalian sendiri seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong / ulat kandang, Cacing serta buah buahan seperti apel atau pisang kapas. Untuk pemberianya sendiri dapat kalian lakukan setiap pagi dan sore hari untuk jangkrik 5 pagi hari dan sore 5 lagi. Untuk buah-buahan dapat kalian beri seminggu sekali. Ingat untuk pemberian ekstra fooding ini jangan terlalu berlebihan karena nantu jutru dapat menaikkan birahi burung kacer kalian.

Memberikan Vitamin

Pemberian multivitamin ini sangat membantu proses penggemukan burung kacer sendiri. Dengan memberi vitamin pada burung kacer maka diharapkan nafsu makan pada burung kacer kalian akan meningkat. Untuk multivitamin sendiri sekarang dapat dengan mudah kalian beli di warung-warung pakan ternak sekitar kalian.

Rajin Memandikan Burung Pada pagi dan sore hari 

Burung kacer adalah burung yang menyukai mandi. dengan sering memandikanya diharapkan burung kacer menjadi bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kutu dll sehingga burung kacerpun akan lebih aktif lagi.

Pastikan burung kacer tidak terjangkiti parasit

Salah satu penyebab yang sering dialami burung kacer sehingga burung kacer menjadi nyilet adalah karena parasit cacingan atau kutuan. Maka pastikan burung kacer anda terhindar dari dua hal tersebut . Jika kacer kalian terkena parasit segera obati dan jangan dibiarkan , jika kalian biarkan kemungkinan kacer kalian pun dapat mengalami kematian.

0 Response to "Cara Penanganan Burung Kacer Nyilet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel