Hello, Kicau Mania!

Jenis - Jenis Burung Kolibri Atau Burung Penghisap Madu

 

Burung kolibri atau burung penghisap madu adalah burung yang mempunyai banyak jenis. Dan burung burung ini mempunyai warna bulu yang cantik dan beraneka ragam dan memiliki suara yang nyaring. Burung pemakan serangga dan penghisap madu ini mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi masyarakat. Karena burung dari jenis jenis ini, yang membantu penyerbukan di perkebunan masyarakat dengan menghisap madu di pepohonan. Seperti dari jenis kolibri muncang, kolibri sepah raja,kolibri manggar,kolibri sri ganti,dan sebagainya burung penghisap madu. Tak heran jika banyak penghobi burung yang ingin memelihara burung dari jenis ini, entah itu di jadikan burung master atau hanya sekedar dijadikan burung peliharaan dirumah.

Tapi sayang, keindahan burung dan kelebihan burung pemakan madu ini tak seperti yang dibincangkan orang pada umumnya. Sekarang burung ini jumlahnya semakin berkurang karena ulah dari perburuan liar. Melihat fenomena ini tentunya pemerintah melakukan tindakan keras, lewat undang - undang no 7 tahun 1999. Burung madu ataupun burung kolibri sudah masuk dalam daftar burung yang di lindungi oleh undang - udang di Indonesia. Dengan hal ini, bagi para pemburu, penangkar atau para penghobi sekalipun akan dikenakan sanksi pidana bagi yang melanggarnya. Jika tak ingin berurusan dengan aparat hukum, khususnya untuk para penghobi burung ini, mending mengurungkan niat untuk memeliharanya.

Burung kolibri ini penyebarannya hampir tersebar di seluruh belahan dunia. Paling banyak di temui di hutan hutan amazon, amerika selatan. Terdapat lebih dari 300 spesies lebih burung kolibri yang hidup dibenua latin tersebut. Di negara Indonesia hanya ada beberapa jenis burung yang dilindungi. Maka dengan hal ini, saya akan menyiapkan topik jenis jenis burung yang hidup di tanah air lengkap dengan gambar. Agar para penghobi burung tahu burung2 jenis apa yang di lindungi.Yang nantinya terjaga kelestariannya untuk keseimbangan ekosistem.
 

Jenis - Jenis Burung Kolibri Atau Burung Penghisap Madu  

 

1. Kolibri Ninja / King Konin(Negatifnya calcostetha)

 
Jenis - Jenis Burung Kolibri Atau Burung Penghisap Madu

Jenis kolibri Ninja ada 2 jenis. Kolibri dada hitam atau di sebut juga kolibri raja dan kolibri king Konin yang memiliki tubuh lebih besar. Selain memiliki tingkah laku yang khas saat berkicau dengan gayanya yang ngobra. Burung king Konin atau burung kolibri Ninja memiliki bulu yang sangat indah. Burung pemakan nektar dan serangga kecil ini juga mempunyai ciri khas pada bagian bulunya. Burung ini terdapat tiga macam warna yang berbeda pada bulunya yaitu warna kuning hitam dan biru mengkilap. Burung ini di habitat asli sering terlihat di hutan bakau dan terkadang terlihat di tepi pantai untuk mencari makanan yang terdapat dari bunga bakau. Di Indonesia yang paling banyak penyebarannya di  jawa, kalimantan dan sumatra.

 

2. Kolibri sepah raja(aethopyga)

Jenis - Jenis Burung Kolibri Atau Burung Penghisap Madu

Kolibri sepah raja habitat asli burung jenis ini sering terlihat di pepohonan dadap atau pohon randu. Sering juga terlihat di pepohonan yang berbunga untuk mencari makanan berupa madu yang di hasilkan dari pohon tersebut. Burung madu jenis ini yang mempunyai nama latin aethopyga siparaja memiliki ciri warna ungu bergaris sejajar pada bagian bawah kepalanya. Selain itu, pada bagian kepala, dada dan leher terdapat warna merah tua dan bagia sayap perut dan ekor terdapat warna coklat. Ukuran tubuh penghisap madu dan serangga ini kurang lebih 13cm. Saat musim kawin tiba, burung ini akan membuat sarang yang menggantung pada pepohonan yang berada di tepi - tepi hutan dan berbagai semak - semak belukar. Penyebaran burung ini paling banyak di daerah Jawa, Sumatera dan kalimantan.

 

3. Kolibri Manggar (Anthreptes Malacensis)

kolibri manggar

 Burung manggar ini memiliki ciri khas warna bulu indah dan mudah dikenali. Kepala kebawah sampai leher dan punggung berwarna biru mengkilap. Bagian sayap dan ekor bewarna coklat dan bagian dada kebawah sampai anus berwarna kuning pudar. Di alam liar burung ini banyak di jumpai di hutan hutan mangrove, di kebun - kebun kelapa dan pekarangan terbuka untuk mencari makanan berupa nektar yang di hasilkan dari bunga dan serangga - serangga yang berukuran kecil. Saat musim kawin tiba burung ini akan membangun sarang yang menggantung di pepohonan yang banyak terdapat di pohon mangga. Di wilayah Indonesia penyebarannya paling banyak di Jawa , Sumatera dan kalimantan.


4. Kolibri kaca atau kolibri wulung( Anthrentes singalensis)

 
kolibri wulung

Burung kolibri kaca atau kolibri wulung ini adalah burung pemakan nektar dan serangga kecil .Burung ini memiliki warna bulu yang hampir sama pada burung kolibri manggar, yaitu memiliki warna bulu yang mengkilap pada bagian kepala dan punggung yang berwarna biru. Untuk bagian sayap berwarna coklat dan leher memiliki warna bulu orange. Untuk bagian    dada sampai perut berwarna kuning. Di alam bebas burung ini banyak di temui di pepohonan jati, pepohonan cemara dan perkebunan kelapa untuk mencari makanan yang di hasilkan dari bunga yang berupa nektar pada pepohonan tersebut. Burung jenis ini juga berburu serangga kecil seperti ulat. Pada musim kawin, burung ini juga akan membangun sarangnya yang menggantung di pepohonan atau semak - semak. Burung ini menghasilkan telur 2 - 3 butir telur. Penyebaran di Indonesia paling banyak di Jawa, Kalimantan dan Sumatera.

 

5. Kolibri Sriganti(Nectarina Jugularis)

Kolibri Sriganti(Nectarina Jugularis)

 

Burung Sriganti memiliki warna bulu yang khas dengan warna bulu yang indah dan mudah dikenali. Burung ini memiliki warna bulu hitam metalic pada bagian leher dan pada ujung dahi. Untuk bagian kepala sampai sumpit berwarna coklat dan warna kuning pada bagian dada sampai perut. Pada bulu ekor terdapat warna hitam dan putih jika di lihat dari bawah.Burung Sriganti ini sering di temui di perkebunan kelapa, perkebunan mangga dan di pepohonan jambu air di pekarangan rumah untuk mencari makanan berupa nektar atau serangga kecil seperti ulat dan serangga kecil lainnya. Pada musim kawin burung ini akan membangun sarang yang menggantung di pepohonan. Burung Sriganti ini menghasilkan telur 2 hingga 3 butir telur. Di Indonesia penyebarannya paling banyak di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

5. Burung Kolibri Pijantung.

Burung Kolibri Pijantung.

Pijantung ini memiliki bentuk yang khas dengan paruhnya yang panjang . Burung ini juga termasuk dari golongan keluarga arachnotera yang banyak di temui di Indonesia.Panjang tubuh burung ini kurang lebih 25 cm.Burung ini banyak di jumpai di perkebunan mangga, randu dan karet untuk mencari makanan berupa nektar dan serangga kecil. Ciri-ciri burung ini mudah di kenali bagian janggut berwarna putih dan bagian dada sampai ekor berwarna kuning kecoklatan . Pada bagian kepala sampai ujung ekor juga berwarna coklat . Demikianlah tentang artikel burung kolibri atau penghisap madu. Semoga bermanfaat.

 Incoming Search Terms :

  • jenis jenis burung pemakan madu 
  • harga burung kolibri 
  • 300 jenis kolibri
  • jenis burung kolibri manggar 
  • gambar burung kolibri 
  • jenis kolibri ninja termahal 
  • makanan burung kolibri 
  • jenis burung kolibri kelapa

 

 

0 Response to "Jenis - Jenis Burung Kolibri Atau Burung Penghisap Madu "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel