Hello, Kicau Mania!

mengatasi kenari ngruji saat dilombakan


Hai kembali lagi di blog saya duniangocehmania , kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi kenari ngruji khususnya ketika digantangkan. pada dasarnya kenari yang ngeruji saat dilombakan biasanya dikarenakan oleh kenari yang over birahi sehingga ketika melihat lawan saat digantangan dia akan mengejar lawan. burung kenari ngruji hampir bisa terjadi pada setiap burung kenari tidak memandang tingkatan umur baik yang masih muda maupun sudah tua , akan tetapi burung kenari muda lebih sering didapati ngeruji dari pada burung kenari yang sudah berumur dikarenakan burung kenari yang masih berumur muda masih belum stabil tingkat birahinya serta masih belum mapan.
mengatasi kenari ngruji saat dilombakan

Terus bagaimana cara mengatasi kenari ngruji saat lomba ?

sebenarnya ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah burung kenari kesayangan anda agar tidak ngeruji saat digantangkan diantaranyaseperti di bawah ini.

Tips dan cara mengatasi burung kenari agar tidak ngeruji saat digantangkan :
  1. Mengurangi  pemberian pakan yang banyak mengandung protein seperti telur puyuh, kroto dll dan anda dapat menggantinya dengan buah-buahan ataupun sayuran seperti apel,mentimun atau sawi. selain itu kurangi juga pemberian biji-bijian yang banyak mengandung minyak serta dapat menambah tingkat birahi burung kenari seperti neeger sheed dll
    mengatasi kenari ngruji saat dilombakan
  2. mengurangi proses penjemuran untuk mengurangi tingkat birahinya. Misalnya anda biasanya menjemur antara jam 07.00 pagi sampai jam 09.00 pagi cobalah kurangi penjemuranya hanya sampai jam 08.30 pagi dan lihat hasilnya apakah birahinya sudah turun atau belum jika kenari justru malas bunyi tingkatkan lagi penjemuranya sampai ditemui titik yang pas untuk penjemuran.
  3. anda dapat juga mengotak-atik posisi tangkringan burung kenari anda dengan menggantinya dengan tangkringan yang lain atau mengganti posisinya atau bisa juga dengan menambahkan tangkringan nya agar burung bisa merasa nyaman bertengger.
  4. bisa juga dengan memberikan pembatas pada ruji sangkar burung kenari anda dengan menggunakan karet ,kabel ties atau senar pancing agar ketika burung kenari mau ngeruji dia menabrak pembatas sehingga dia akan takut untuk mendekati ruji lagi.
    mengatasi kenari ngruji saat dilombakan
  5. sebelum anda memulai menggantangkan burung kenari anda alangkah baiknya jika anda datang lebih awal ke tempat perlombaan burung kenari untuk mengablak atau mengangin-anginkan burung kenari anda agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat perlombaan terlebih dahulu.
  6. amati tingkah burung kenari anda sebelum digantangkan jika burung kenari dirasa memiliki tingkat birahi yang tinggi anda dapat menangkap burung kenari anda dan membasahi pen atau kelamin dari burung kenari anda dengan sedikit air.
sekian artikel yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi anda baca juga artikel saya yang lain  cara beternak kenari yang baik dan benar

0 Response to "mengatasi kenari ngruji saat dilombakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel