Hello, Kicau Mania!

6 Cara Mengatasi Cendhet Miyik(mbayeni)

 Burung cendhet termasuk burung yang mudah sekali miyik atau mbayeni bila terlalu dimanjakan. Banyak sekali para kicau mania yang yang mudah sekali merasa bosan dengan tingkah cendhet yang seperti ini.mungkin karna kurang sabar atau mungkin memang tak mengerti cara perawatan pada saat burung cendhet pada saat bertingkah laku seperti ini. Sebenarnya perlu perhatian khusus agar burung cendhet tidak mbayeni atau miyik. Yang harus di pahami yaitu, apa yang membuat burung kesayangan anda mbayeni atau miyik dengan pemahaman seperti ini,maka anda akan menemukan sebuah jawabannya.

 

Burung cendhet yang bertingkah seperti ini,memang harus membutuhkan perawatan khusus untuk membuat burung kesayangan kembali normal.Terkadang,setiap tehnik perawatan orang - orang berbeda tidak harus sama,yang tau hanya si perawat burung tersebut.Akan tetapi sebagian besar burung cendhet miyik itu ada beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain, seperti terlalu dimanja memberi makanan dengan menggunakan tangan secara langsung, selalu dipegang pegang atau di buat mainan,kurangnya asupan gizi ataupun telat makan.

Burung cendhet akan menghilangkan kebiasaan buruknya jika perawatan harian seperti diatas tadi di hindari yaitu mengganti metode perawatan. Yang perlu di ketahui jenis burung cendhet ini perawatanya beda dengan burung lain. Mungkin,sebenarnya kita ingin merawat burung cendhet ini dengan baik dengan cara di manja meloloh makanan dengan tangan. sebenarnya itu perawatan yang salah,itulah yang menjadikan burung cendhet miyik atau mbayeni.Untuk menghilangkan kebiasaan seperti ini ada beberapa tehnik penerapan perawatan. yuk kita simak perawatan di bawah ini,,?

Usahakan burung cendhet anda harus selalu di kerodong. Tujuan pengrodongan seperti ini yaitu untuk menghindari kontak langsung sama orang atau sama si perawat dalam arti mengurangi kebiasaan miyik.

Beri extra fooding seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong pada cepuk. Proses meletakkan makanan tersebut usahakan burung cendhet ini harus tetap di kerodong. Tujuannya yaitu pada saat menaruh makanan berupa extra fooding seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong tadi tidak terlihat. Jika terlihat sudah di pastikan burung ini akan ngiyik untuk burung yang masih dalam masa perawatan pemulihan.

Jemur burung cendhet anda dengan cara di kerodong selama 2 jam,dilakukan pada pukul 10 wib. Setelah itu burung di angin - anginkan dengan dibuka setengah kerodong,yaitu untuk menghilangkan hawa gerah dalam sangkar tersebut. Setelah 30 menit bisa ditutup kembali kerodongnya dan lakukan penyemprotan pada burung yang tertutup pada kerodong sampai basah.

Terkadang kurangnya asupan gisi yang baik juga akan menyebabkan ngiyik sambil mengembangkan bulu - bulu di sertai mengepakkan sayap-sayapnya sangat terlihat seperti masih anakan. Jadi,extra foodingnya juga harus selalu terpenuhi.

Lakukan pengecasan 2x dalam seminggu. Tujuan pengecasan seperti ini untuk menstabilkan mental pada burung cendhet.

Gantangkan burung ini pada ketinggian kurang lebih 5 meter yaitu bertujuan untuk menghindarkan dari keramain orang disekitar.

Tehnik seperti ini membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk menjadikan burung kembali normal yang terpenting sedikiit bersabar dalam perawatan. Demikianlah cara perawatanya semoga bermanfaat.

0 Response to " 6 Cara Mengatasi Cendhet Miyik(mbayeni) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel