Hello, Kicau Mania!

cara mengatasi lovebird gestang yang ampuh


Hai kembali lagi di duniangocehmania kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi lovebird gestang jadi simak baik-baik ya..
cara mengatasi lovebird gestang yang ampuh

Bagi pemelihara burung lovebird anda wajib mengetahui kondisi atau permasalahan lovebird yg harus diatasi salah satunya yaitu lovebird gesek tangkringan. Sebenarnya lovebird gesek tangkringan sendiri merupakan kelainan tingkah laku burung lovebird yang telah mengalami puncak masa birahi dan bukan karena disebabkan penyakit .
Kelakuan gesek tangkringan acapkali terjadi pada lovebird jantan yang sudah beranjak dewasa. Namun terkadang prilaku gesek tangkringan juga terjadi dalam lovebird betina.
Perilaku lovebird gesek tangkringan ini ditandai dengan perilaku lovebird yang sering terlihat menggesek-gesekkan supitnya pada tangkringan saat sedang bertengger dan tampak mirip dengan lovebird yang sedang kawin. Kejadian ini jika dibiarkan secara terus menerus akan membawa dampak yang sangat buruk bagi burung lovebird sendiri selain akan semakin intens nya lovebird gesek tangkringan juga akan berimbas pada reproduksi burung sendiri karena lovebird yang sudah parah gesek tangkringan akan cenderung tidak mau mengawini lawan jenisnya. Ada berbagai macam penyebab lovebird gesek tangkringan diantaranya dari faktor pemberian pakan maupun perawatan karena burung lovebird sendiri sangat sensitif dengan yang namanya makanan serta cara perawatan , jika kita dalam pemberian pakan maupun perawatan asal-asalan saja maka akan berimbas pada kondisi burung lovebird itu sendiri. berikut adalah penyebab burung lovebird gesek tangkringan :

Penyebab Lovebird Gesek Tangkringan


Secara garis besar Lovebird yang seringkali mengesekan dalam tangkringan tadi antara lain ditimbulkan oleh hal seperti berikut diantaranya :
1. Birahi yang berlebihan atau biasa disebut Over birahi
2. Kandungan protein pada makanannya yg mungkin terlalu tinggi.
3. Stress .
4. Pemberian extra fooding yang tidak terkontrol.
5. Waktu penjemuran terlalu lama.
6. Lovebird jarang dimandikan.

Dari beberapa faktor diatas dapat kita atasi dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

cara mengatasi lovebird gestang yang ampuh

1. Menjauhkan dari lovebird lawan jenis atau malah mencampurkanya dengan  lovebird pasanganya.

lovebird gesek tangkringan biasanya disebabkan karena birahinya yang tidak terkontrol yang disebabkan karena beberapa hal diantaranya       dikarenakan lovebird sering mendengar suara lovebird lawan jenis di dalam sangkar yang berbeda secara berdekatan , hal ini dapat memicu naiknya birahi lovebird. Jadi sebaiknya jika lovebird anda terbiasa dipisah atau memang sengaja di buat single fighter sesering mungkin jauhkan lovebird gestang anda dari lovebird lain yang berlawanan jenis agar tidak memancing birahi lovebird gestang anda. Jika tidak anda dapat mencampur lovebird gestang anda dengan jodohnya dalam satu sangkar untuk mengurangi birahinya.

2. mengganti tangkringan atau menghilangkan tangkringan dari sangkar

selanjutnya cara yang kedua adalah mengganti tangringan atau menghilangkan tangkringan dari sangakar dengan tujuan agar lovebird tidak gesek tangkringan lagi. Jika anda memilih memisahkan lovebird gestang anda atau memang sengaja di buat single fighter sebaiknya anda menganti tangringan anda dengan bentuk lain seperti kotak , atau menggabungkan dua buah tangkringan menjadi satu dengan tujuan agar lovebird kesulitan menggesekkan supitanya ke tangkringan . Dalam proses ini anda harus sering melihat perkembangan burung anda setiap harinya sambil anda mengonta-gantinya dengan model tangkringan lain. jika penggantian tangkringan tidak berhasil anda bisa menghilangkan tangringan dari dalam sangkar secara bertahap maksud bertahap disini semisal dalam satu minggu lovebird tidak diberi tangkringan kemudian dalam satu hari berikutnya lovebird diberi tangkringan sambil melihat perkembanganya. jika lovebird sudah dirasa tidak mau gesek tangkringan lagi anda dapat mengembalikan tangkringanya kedalam sangkar kembali.

3. sering memandikan malam lovebird .

   cara yang ketiga yaitu sering memandikan malam lovebird gestang anda ,ingat jangan pagi hari ,siang, ataupun sore hari tapi malam hari. kenapa harus malam hari ? karena memandikan lovebird malam hari tepatnya diatas jam 09.00 malam akan lebih evektif untuk menurunkan birahi lovebird serta menjaga stamina lovebird . jika anda sedang memandikan lovebird sebaiknya tangkringanya kalian ambil terlebih dahulu dari dalam sangkar agar lovebird tidak terpancing untuk gesek tangkringan karena lovebird yang gesek tangkringan akan lebih aktif gesek tangkringan setelah dimandikan.

4. mengontrol pemberian pakan khususnya pakan yang mengandung protein cukup tinggi.

   lovebird yang gesek tangkringan sebaiknya hanya diberi pakan milet putih saja dan sebagai extra fooding nya kalian dapat memberikanya mentimun untuk membantu mengurangi birahinya.

5. kurangi proses penjemuran.

   lovebird yang gesek tangkringan sebaiknya anda kurangi waktu saat penjemuranya atau anda bisa menjemurnya dua hari sekali dengan durasi hanya 5-15 menit saja dipagi hari dibawah jam 9 pagi . setelah itu anda dapat mengangin-anginkanya atau menaruhnya ditempat yang teduh atau agak lembab.

sekian tips untuk mengatasi lovebird gestang dari saya semoga tips-tips diatas dapat sangat bermanfaat , jangan lupa baca artikel saya yang lain  Cara mengatasi lovebird yang hanya ngetik dan koek-koek saat digantangkan

0 Response to "cara mengatasi lovebird gestang yang ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel