Hello, Kicau Mania!

Cara menambah durasi burung lovebird untuk lomba


Hai kembali lagi di blog saya duniangocehmania.blogspot.com . Kali ini saya akan membahas tentang cara menambah durasi atau mengembalikan durasi bagi burung lovebird kesayangan anda. Pasti bagi kalin pecinta lovebird atau biasa disebut lovebird mania pasti akan sangat senang jika mempunyai burung lovebird yang bisa ngekek panjang bahkan sampai menitan dijamin harga burung lovebird kalian pun akan naik drastis . Ada beberapa faktor yang menyebabkan lovebird yang kita pelihara tidak mau ngekek panjang diantaranya :
1. Faktor Keturunan
    faktor ini merupakan faktor vital dimana biasanya lovebird yang memiliki durasi panjang 50 % adalah faktor keturunan baik dari indukan betina maupun indukan jantan . Jadi jika kita ingin memiliki burung lovebird yang mempunyai kekekan panjang kita harus mendapatkanya dari keturunan lovebird yang memiliki kekekan panjang juga.

2. Faktor Perawatan
    Hal yang tidak kalah penting dari faktor yang pertama tadi adalah faktor perawatan dimana jika kita memiliki anakan lovebird dari keturunan indukan jawara tanpa didampingi dengan perawatan yang tepat semua itu pun akan menjadi sia-sia . dengan perawatan yang tepat terkadang juga dapat merubah lovebird yang ngekeknya biasa-biasa saja menjadi lovebird yang dapat ngekek panjang.

3. Faktor Pakan
    Faktor yang nilainya hampir sama dengan faktor yang kedua tadi adalah faktor pakan dimana faktor pakan ini juga menjaga kebutuhan gizi dari burung lovebird yang kita miliki sehingga burung lovebird kita akan terlihat fit serta rajin ngekek.

4. Faktor Kebugaran Burung
    Faktor terakhir yang menyebabkan burung lovebird peliharaan kita tidak mau ngekek panjang adalah faktor Kebugaran dimana pada kondisi-kondisi tertentu burung lovebird kita memiliki kebugaran tubuh yang kurang yaitu saat ganti bulu, birahi atau habis mengerami telur . pada saat itu kondisi burung menurun sehingga durasi ngekeknya pun berkurang

Setelah melihat dari faktor-faktor diatas terus bagaimana cara membuat lovebird bisa ngekek panjang ?
berikut akan saya berikan beberapa tips-tips sederhana untuk menambah durasi burung lovebird :
1. Pengembunan
   Untuk  cara yang pertama adalah Pengembunan , mengapa pengembunan ?  terkadang para lovebird mania menganggap remeh ini akan tetapi pengembunan yang rajin akan memberikan efek yang besar kepada burung lovebird peliharaan kita seperti menambah durasi serta membuatnya semakin receh. proses pengembunan pada burung bisa dilakukan sekitar pukul 05. 00 atau pada saat terbitnya Fajar, pada dasarnya semua jenis burung sangat menyukai waktu di pagi hari sebagai tanda bahwa mereka selamat melewati waktu malam.Embun pagi juga sangat bermanfaat untuk penapasan burung-burung, karena udara di pagi hari masih bersih dan bebas polusi, kicauan burung pada waktu fajar akan terdengar lebih merdu atau ngeplong, pengembunan juga bisa dilakukan untuk semua jenis burung, seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Pleci, Ciblek dan lain–lain.

2. Teraphy Mandi Malam
    Teraphy Mandi Malam dapat menyebabkan burung menjadi lebih gacor karena kondisi birahi lebih terkontrol, mandi malam juga bisa dilakukan untuk burung yang mengalami Over Birahi (OB) yang ditandai dengan ngleper, burung terlihat seperti mengawini pangkringan, burung sering mencabuti bulu–bulunya sendiri, hingga burung lovebird macet bunyi
Sedangkan waktu yang tepat untuk melakukan teraphy mandi malam yaitu antara pukul 21.00–23.00 atau sesuaikan dengan waktu luang masing–masing, mengenai tata caranya bisa disesuaikan dengan kebiasa

3.   Teraphy Umbar
     Therapy umbar yang dilakukan pada burung lovebird biasanya dilakukan di sangkar besar atau proiler dengan tujuan burung lovebird dapat terbang dengan bebas sehingga akan memperpanjang nafas burung lovebird yang kita miliki sehingga durasi kekean lovebird yang kita miliki pun akan bertambah panjang. Pengumbaran dilakukan sampai burung benar-benar lelah yang ditandai burung sudah tidak mau terbang setelah itu kita istirahatkan lovebird dengan mengkrodongnya agar tidak terganggu.

0 Response to "Cara menambah durasi burung lovebird untuk lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel