Hello, Kicau Mania!

Cara Mengobati Snot pada Lovebird Dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Snot pada Lovebird Dengan Daun Sirih

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengobari snot pada lovebird dengan daun sirih yang mungkin bisa menjadi referensi kalian untuk mengobati burung lovebird kesayangan kalian, Jadi simak baik-baik ya. Pohon sirih , tentu semua tidak asing lagi dengan pohon yang satu ini. Pohon yang hidup dengan cara merambat ini biasa dimanfaatkan daunya oleh orang-orang karena dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit serta dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik alami. Tak hanya bermanfaat untuk manusia saja ternyata tumbuhan yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati burung lovebird yang mengalami sakit mata atau sering dibilang snot. Terus apasih penyakit snot pada lovebird itu dan bagaimana ciri-ciri burung lovebird yang mengalami snot itu sendiri. Maka dari itu simak artikel ini baik-baik sampai akhir karena pada artikel ini kita akan mengupas tuntas tentang cara mengobati burung snot dengan menggunakan daun sirih.

Apa sih penyakit snot itu ?

Infeksius coryza (snot) adalah penyakit menular pada burung, yang disebabkan oleh Haemophilus paragallinarum (Hpg), bakteri gram negatif, tidak bergerak, bersifat mikroaerofilik dan memerlukan nicotinamide adenine dinucleotide (NAD) untuk pertumbuhannya. Penyakit snot ini tidak hanya dapat menyerang burung lovebird saja namun burung-burung lain pun juga dapat terserang jika daya tahan tubuh dari burung tersebut lemah. Penyakit snot dapat menular dari satu burung ke burung lain dengan cepat sehingga saya rekomendasikan jika kalian mempunyai burung lovebird yang terserang snot segera pisahkan burung tersebut dari burung-burung lain. Penyakit snot pada burung biasanya ditandai dengan nafsu makan burung yang menurun, burung menjadi kurang aktif dan terlihat lesu, mata pada burung terlihat memerah, burung sering memejamkan matanya, mata terlihat sering berair. Hal-hal tersebut merupakan gejala awal dari penyakit snot yang telah menjangkiti burung kesayangan kalian. Segera tangani hal tersebut jika tidak akan sangat beresiko ke burung peliharaan kalian dimana penyakit snot ini juga dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius.

Apa sih Bahan Untuk Mengobati Penyakit Snot?

 
Cara Mengobati Snot pada Lovebird Dengan Daun Sirih

Ada banyak bahan yang dapat kalian gunakan untuk mengobati burung lovebird kesayangan kalian jika terkena snot baik dengan menggnunakan bahan obat-obatan yang banyak dijual dipasaran atau dapat menggunakan bahan-bahan alami disekitar kita salah satunya dengan menggunakan daun sirih. Sesuai dengan judul pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati snot pada lovebird dengan daun sirih jadi pada artikel ini akan berfokus ke penggunaan daun sirih untuk mengobati penyakit snot pada burung lovebird.

Bagaimana Cara Mengobati Snot pada Lovebird Dengan Daun Sirih?

  1. Tentunya kalian harus menyiapkan 4 lembar daun sirih terlebih dahulu sebagai bahan utama yang akan kalian gunakan untuk mengobati burung lovebird kesayangan kalian. Pilihlan daun yang sudah tua jangan yang masih muda karena kandungan antibiotik pada daun yang sudah tua lebih besar dari pada daun yang masih muda.
  2. Setelah itu cuci daun sirih menggunakan air dingin dan kemudian rendamlah menggunakan air panas secukupnya sampai sari-sari pada daun sirih keluar dan airnya berubah menjadi kecoklatan.
  3. Jika sudah ambil sebuah wadah dan masukkan air dari rendaman daun sirih tadi . Jika air rendaman daun sirih sudah dingin kalian dapat menambahkanya dengan sedikit air panas sehingga air sirih tadi menjadi hangat.
  4. Siapkan kapas pembersih dan masukkan kedalam air daun sirih tadi dan rendam beberapa saat.
  5. Jika sudah basuhkan air daun sirih tadi ke mata burung lovebird yang mengalami snot secara perlahan sambil bersihkan jika terdapat kotoran pada mata burung lovebird.
  6. Lakukan hal tersebut secara berulang dengan durasi selama 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari sampai mata lovebird benar-benar sembuh. Jangan lupa untuk tidak memandikan serta menjemur burung lovebird selama prosess pengobatan tersebut. Selain itu pisahkan juga lovebird dari burung lain untuk mencegah penularan ke burung lain.
Berikut adalah langkah-langkah atau cara mengobati snot pada lovebird dengan daun sirih yang tentunya dapat kalian praktikkan dirumah karena bahan yang kita gunakan termasuk mudah didapat serta tidak menyebabkan efeksamping juga ke burung lovebird peliharaan kalian karena bahan yang digunakan alami. Dalam tahap pengobatan penyakit snot memang susah-susah gampang karena dibutuhkan ketlatenan serta kesabaran.

 Jangan lupa membaca artikel saya yang lain tentang Daftar Harga Burung Lovebird Terlengkap Tahun 2020

0 Response to "Cara Mengobati Snot pada Lovebird Dengan Daun Sirih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel